Headlines News :
Home » » Resmikan Rumah Gadang, Gubernur: Orang Minang Mengandalkan Komunikasi

Resmikan Rumah Gadang, Gubernur: Orang Minang Mengandalkan Komunikasi

Written By GemaDakwah on Minggu, 23 Juni 2013 | 23.26


InilahPKS :   Bukittinggi  – Orang Minang yang saat ini duduk di eksekutif, legislatif sebagai politisi, pengusaha dan budayawan profesinya  mengandalkan komunikasi, dia tidak mengandalkan otot tetapi otak pikiran yang cerdas. Kita lihat sejarah masa lalu zaman kemerdekaan banyak putra Minang yang berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia ini termasuk di Kota Bukittinggi. 
Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika peresmian menaiki rumah gadang Pasukuan Simabua Garegeh Koto Selayan Kota Bukittinggi, Jumat Sore (21/6).
Profesi orang Minang mengandalkan komunikasi, banyak putra Minang yang duduk di partai politik, menjadi budayawan, pengusaha, dan eksekutif yang mengandalkan komunikasi. Ini menjadi ciri kas orang Minang yang selalu berbicara dalam memajukan pembangunan, bahkan masalah politik, kata Irwan Prayitno.
Disamping itu, pemimpin bagi orang Minang didahulukan selangkah ditinggikan sarantiang, hal ini membuat  orang Minang saling dukung mendukung, menghargai pimpinan dalam kaum, rumah tangga, dan di pemerintahan dalam berbangsa dan bernegara.
 Para pejuang yang berasal dari Minang sebut saja Hatta, Syahrir dan lain-lain itu karena budaya Minanglah mereka menjadi tokoh Minang/jadi pahlawan di pentas nasional, budaya Minang yang egaliter, peluang berkomunikasi, mengkritik tidak ada batasan-batasan asalkan untuk kepentingan bersama, ungkap Irwan.
Lebih lanjut Gubernur mengatakan, rumah gadang yang bisa dijadikan tempat tinggal, bermusyawarah ini perlu kita lestarikan, dan juga merupakan program pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian rumah gadang yang ada di Sumatera Barat.
 Kita tahu orang Minang banyak yang merantau, namun di rantau ia tetap memperhatikan kampung halaman serta membangun kembali rumah gadang tempat tinggal, bermusyawarah seperti yang di buat oleh Mayjen TNI Fuad Basya Kaum Pasukuan Simabua Garegeh Koto Selayan Bukittinggi, ujar Gubernur.
 Hadir pada kesempatan itu Jenderal Purnawirawan TNI Joko Santoso beserta Istri, Marsekal Muda Mardazaid Sutan Sati, Brigjen Marinir Sudarmin Sudar Dt Bagindo Ali, Walikota Bukittinggi Ismet Amzis, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Gafar, SE, MM. [humasprov]
Wallahu A‘lam.

 
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Terimakasih..

Dengan adanya komentar saudara bisa memberi masukan bagi kami

 
Kontak Admin : Facebook | InilahPKS
Email: inilahpks@gmail.com
Hadir Sejak : Selasa, 19 Maret 2013 | 23.21
Template Design by Creating Website Published by Tarqiyah Group