Headlines News :
Home » , » Tebarkan Kebaikan Sekali pun Tak ada Apresiasi

Tebarkan Kebaikan Sekali pun Tak ada Apresiasi

Written By GemaDakwah on Kamis, 25 April 2013 | 20.48

Zulfi Akmal (Al-Azhar Kairo)

Jangan sibukkan diri mendengar kritikan yang tidak membangun sekalipun mereka berkata: "Kritikan kami ini bukti kami sayang". Bahkan jangan dengar sama sekali!

Kritikan yang tidak membangun hanya membuat malas dan tulang persendian jadi loyo. Kerja pun akan terbengkalai, prestasi jauh dan memang itulah yang diinginkan oleh lawanmu.

Jangan terlalu banyak mendengar kritikan, sekali pun membangun. Sebab kapan lagi kita mau bekerja. Dengar lah secukupnya, sekedar rem agar tidak sembrono. Kritikan itu bagaikan obat, kebanyakan obat akan over dosis. Bukan saja menambah penyakit, bahkan bisa membunuh.

Jangan sibuk membela diri. Jika kritikan itu benar, cukup ditanggapi dengan perbaikan. Tapi bila itu hanya tuduhan dan fitnah, berharaplah itu sebagai penghapus dosa dari Allah dan tambahan bekal tanpa usaha di akhirat kelak. Setelah itu tanggapi dengan diam dan terus bekerja.

Jangan sibukkan diri untuk memahamkan orang tentang dirimu. Bila niatnya baik, dia akan berusaha mencari berita yang benar tentang dirimu. Tapi bila kritikan didasari kedengkian dan sakit hati, sejelas apa pun keteranganmu, dan seterang apa pun dalil dan bukti, mereka akan tetap mencari celah untuk mencela dan menyudutkanmu.

Tebarkan lah kebaikan sekali pun tidak ada yang memberi apresiasi. Nabi Nuh berdakwah seribu tahun hanya segilintir orang yang istijabah. Hal itu tidak mengurangi semangat beliau berdakwah dan tidak menurunkan derajat beliau di sisi Allah.


وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan".(At Taubah: 105)

* pkspiyungan.org
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Terimakasih..

Dengan adanya komentar saudara bisa memberi masukan bagi kami

 
Kontak Admin : Facebook | InilahPKS
Email: inilahpks@gmail.com
Hadir Sejak : Selasa, 19 Maret 2013 | 23.21
Template Design by Creating Website Published by Tarqiyah Group