Headlines News :
Home » , » Menuju 2014 Dalam Kerja Harmoni

Menuju 2014 Dalam Kerja Harmoni

Written By Tarqiyah Online on Minggu, 21 April 2013 | 19.32

By Nina Mariana
Jakarta



Ketika cinta telah terpaut karena Allah SWT dalam hati kita, kecenderungan untuk selalu bersama pasti akan tumbuh. Impian mewujudkan keselarasan dalam kebersamaan kian membuncah. Setiap perbedaan, penghalang atau jarak yang ada tak akan menjadi kendala berarti. Justru keindahan yang akan terpancar apabila pribadi-pribadi yang penuh cinta ini  dapat bersatu, saling mengisi, dalam wujud kasih sayang nyata sehingga tercipta keselarasan yang diidamkan.
Menjaga suatu hubungan agar tetap harmonis adalah usaha yang harus diupayakan. Kaitannya dengan partai ini (PKS) adalah  impian atau cita-cita kemenangan untuk dapat menembus tiga besar dalam pemilu 2014.  Terlepas sebuah impian itu membumi atau tidak, realistis atau tidak, kemustahilan atau tidak. Namun dibalik impian itu terkandung suatu makna yang besar, yaitu misi kemanusian dan misi peradaban (seperti yang telah dituturkan oleh presiden PKS Anis Mata) bahkan demi terciptanya sepenggal firdaus. Sungguh suatu impian yang jauh dari keegoisan semata. Harus diiringi kerjasama yang nyata.
Menekankan pada kerja-kerja nyata dalam tubuh PKS. Sejauh ini, kita sudah sering merasa takjub menyaksikan bagaimana seorang kader biasa dapat bekerja sangat luar biasa. Berapa jumlah kader dalam partai ini? Bagaimana bisa menciptakan kerja yang luar biasa dari seorang kader biasa? Sehingga kerja-kerja tersebut sangat efektif dalam membangun tubuh partai.
Terfokus pada dua hal, yaitu penggerak kader dan dinamika kader. Penggerak kader merupakan segala hal yang dilakukan kader adalah dampak yang diberikan tubuh partai itu sendiri. Sebagai contoh pertemuan pekanan yang rutin kader PKS lakukan merupakan hal yang sangat efektif sebagai jembatan antara elite politik dan kader, sebagai wadah dalam menyerap segala ilmu atau informasi, sebagai pencetus untuk melakukan suatu proyek bersama yang dapat meningkatkan kehamonisan masing-masing kader , disitu letaknya saling mengisi. Setiap kader pasti berbeda namun suatu kerjasama akan menciptakan keselarasan atau harmoni. Dalam pertemuan pekanan ini juga, setiap kader akan merasa terikat, entah adanya suatu ikatan yang lemah atau ikatan yang kuat, terkait komitmen dan konsistensi tentunya, dan dengan sendirinya akan tersaring dan akan menghasilkan suatu keluaran yang optimal.
Dinamika kader merupakan pengaruh kader terhadap tubuh partai, terhadap lingkungan sekitarnya atau lingkup yang lebih luas lagi yaitu terhadap negeri ini. Sesuai fungsi, peranan, atau kemampuan masing-masing kader yang senantiasa mengalami proses perubahan, perkembangan dan penyesuaian diri seiring dengan situasi dan kondisi yang ada, termasuk menyesuaikan diri terhadap konflik-konflik yang terjadi.  Erat kaitannya dengan interaksi antar individu dalam satu tubuh partai maupun dengan individu diluar partai. Disini terlihat adanya ketergantungan, adanya pengaruh yang kuat antara satu dengan yang lain, adanya kebutuhan untuk bekerjasama, untuk saling tolong menolong. Khususnya dalam mewujudkan impian atau cita-cita bersama. Sehingga perlu kita sadari  bahwa keefektifan kerja kader akan meningkatkan kualitas suatu partai.
Sebagai penutup dalam setiap rangkaian kerja harmoni kita, mari kita lantunkan doa perekat hati : 
“Ya Allah sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa hati-hati kami telah berkumpul karena cinta-Mu, bertemu karena ketaatan pada-Mu, bersatu atas dakwah-Mu, maka kuatkanlah Ya Allah ikatan itu, kekalkan cinta itu, berilah petunjuk atasnya, dan penuhilah ia dengan cahaya-Mu yang tidak pernah padam. Lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman kepada-Mu. Dan hidupkanlah dengan pengetahuan dari sisi-Mu, dan matikanlah ia dalam keadaan mati syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad, kepada keluarga, dan kepada semua sahabatnya.”


*penulis: @mariananina3 on twitter


-seri sebelumnya: Menanti 2014 dengan Cinta
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Terimakasih..

Dengan adanya komentar saudara bisa memberi masukan bagi kami

 
Kontak Admin : Facebook | InilahPKS
Email: inilahpks@gmail.com
Hadir Sejak : Selasa, 19 Maret 2013 | 23.21
Template Design by Creating Website Published by Tarqiyah Group